Tuesday, October 5, 2010

Peluang Bisnis Warnet

Hallo semua semua, saya akan membahas peluang binis warnet di Indonesia. Sekarang siapa sih yang gk butuh koneksi dengna dunia maya?? Pasti pada butuh dong tentunya. Saya akan memulai dengan pengertian Teknologi dan pengertian TIK

1. Pengertian Teknologi

Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, techne yang berarti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras.
Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, dan bagaimana ia dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.3
Jadi teknologi adalah semacam perpanjangan tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal. Dengan demikian, secara sederhana teknologi bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia, Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi

2. Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagiandari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi(Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6)
Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

3. Bisnis Warnet di Indonesia

Sepertinya istilah Warnet sudah tidak asing lagi di Indonesia, banyak yang sudah tahu kalau Warnet adalah singkatan dari Warung Internet. Warnet dalam bahasa ingrris lebih sering disebut Internet Cafe, jadi jangan sebut Warnet di amerika, karena mereka akan bingung, malah akan berpikiran aneh lagi jika melihat tulisan warnet yang terdiri dari War dan net, jangan jangan ini mengenai jaringan perang.
Bisnis warnet begitu menjamur, ada dimana mana. Tidak hanya di indonesia, diseluruh dunia ada warnet, hanya saja namanya bukan warnet jika anda ada di America, internet cafe tentunya.
Bisnis warnet masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, walaupun banyak juga yang tidak berhasil dalam menjalankan bisnis warnet.
Nilai investasi untuk warnet dan game online berkisar antara Rp.70juta sampi Rp.80 juta rupiah untuk pembelian 20 unit komputer dan Rp.50juta sampai Rp.60 juta lagi untuk investasi lain seperti sewa tempat, meja kursi, kabel listrik, kabel data dan peralatan internet. Total investasi awal dapat mencapai Rp. 150juta.
Keuntungan yang didapat dari bisnis warnet ini tentunya dari sewa komputer perjam yang sekarang rata rata mematok harga Rp.3,000 sampai Rp. 5.000 diwilayah jakarta. Hasil dari pendapatan ini dengan 20 unit komputer dapat berkisar Rp. 600,000 perbulannya. Pendapatan lain didapat dari penjualan minuman, makanan, print dan scan. Keuntungan dapat lebih lagi tergantung dari kretifitas pemilik warnet.
Biaya yang timbul dari bisnis warnet ini adalah biaya internet, biaya listrik, biaya air, dan biaya gaji operator. yang besarnya relatif sebesar 5juta rupiah.
Rata rata pengembalian modal investasi sekitar 1 tahun, bisa juga lebih cepat atau lebih lama dari 1 tahun tergantung dari keadaan bisnis anda. Yang harus anda perhatikan sebelum membuka usaha warnet adalah lokasi, karena hal ini sangat penting. Lokasi yang dimaksud adalah seperti : dekat dengan komplex perumahan yang banyak anak ABG atau dekat kampus atau sekolahan. Lakukan survey lokasi ini untuk mendapatkan hasil maksimal.
System komputer dan internet management juga menjadi hal penting dalam usaha ini. Komputer yang tidak stabil atau sering rusak akan menimbulkan downtime dan biaya untuk perbaikannya. Jika terjadi downtime maka pendapatan akan menjadi berkurang.

So, tidak ada salahnya bagi kalian agan2 jika ingin mencoba binis membuka warnet. Modal awal memang tergolong besar, tetapi jika pemilihan tempat dan dikontrol dengan baik maka untuk balik modal tidaklah terlalu lama asalkan mendapatkan tempat yang strategis, dekat dengn kampus misalnya dan banyak anak – anak yang merupakan gamers.

referensi : bisniskomputer.com

No comments:

Post a Comment